0

Inilah Kondisi-kondisi Kesehatan yang Dapat Dideteksi dengan Pemeriksaan Radiologi Oleh Spesialis Radiologi

Penyakit yang menyerang manusia jenisnya memang sangatlah banyak dan juga dapat terjadi di bagian tubuh manapun, tidak hanya yang terjadi di bagian luar tubuh, melainkan lebih banyak diantaranya yang rentan menyerang di dalam tubuh Anda. Untuk mendeteksi masalah kesehatan yang terjadi di dalam tubuh ini maka butuh pemeriksaan secara khusus, diantaranya adalah dengan perangkat kesehatan tertentu layaknya MRI, CT Scan, USG dan juga rontgen. Ini dilakukan oleh dokter spesialis radiologi atau yang dikenal sebagai radiologis.

Dokter spesialis ini keberadaannya di Indonesia juga sangatlah banyak, karena hampir semua rumah sakit membutuhkannya, dengan tujuan untuk mendeteksi kemungkinan penyakit yang diderita oleh pasien dengan tahap awal pemeriksaan. Radiologi sendiri sebenarnya termasuk dalam ilmu kedokteran yang memakai radiasi sebagai sarana untuk memindai tubuh bagian dalam manusia, hal ini digunakan untuk mendeteksi kemungkinan penyakit dan juga bagaimana langkah untuk pengobatannya, apakah cukup dengan konsumsi obat-obatan tertentu atau dibutuhkan tindak lanjut seperti operasi.

Bidang yang satu ini memberikan penanganan medis paling awal untuk masalah kesehatan yang ada di dalam tubuh, sehingga memang keberadaannya sangatlah penting dan vital, harus ada di setiap rumah sakit. Berikut ini diantaranya beberapa kondisi medis yang dapat diketahui dengan pemeriksaan oleh dokter spesialis radiologi ini, yaitu:

  1. Kanker dan juga tumor, perkembangan sel-sel kanker maupun tumor yang ada di dalam tubuh dapat dideteksi secara dini dengan melakukan pemeriksaan ini, akan terlihat secara jelas bagian tubuh manakah yang terserang oleh masalah kesehatan yang serius tersebut.
  2. Kelainan yang terjadi pada bagian paru-paru, hal ini nantinya juga akan terlihat dengan sangat jelas dengan melakukan pemeriksaan semacam ini, masalah-masalah seperti diantaranya adalah pneumonia, bronkopneumonia, TBC, bronkitis, hamatotoraks dan juga PPOK, dapat dilihat dari pemeriksaan ini, terlihat beberapa bagian organ dalam tubuh tersebut yang kondisinya tidak normal.
  3. Kelainan yang ada pada saluran cerna, gangguan yang berhubungan dengan masalah pencernaan nantinya dapat dilihat dari sini, misalnya adalah akalasia atau masalah ketika menelan makanan, penyakit asam lambung, hernia, pendarahan yang terjadi pada saluran cerna, luka pada dinding saluran cerna dan masih banyak lagi diantaranya.
  4. Kelainan pada saluran kemih, selain kelainan yang terjadi pada saluran cerna, maka kelainan yang terjadi pada bagian kemih juga dapat dideteksi, layaknya infeksi ginjal, kemudian juga sumbatan yang terjadi pada kandung kemih, pielonefritis dan masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Kelainan yang terjadi pada pembuluh darah dan juga jantung, gagal jantung, kemudian penyakit jantung yang terjadi pada katupnya, gangguan yang terjadi pada otot jantung dan sebagainya, semuanya dapat dideteksi dari sini.
  6. Kelainan pada sistem syaraf dan juga otak, stroke, kemudian juga meningitis, hematoma, pendarahan yang terjadi pada bagian otak dan yang lainnya.
  7. Mendeteksi kelainan yang terjadi pada organ reproduksi pria maupun wanita.
  8. Mendeteksi kelainan yang terjadi pada sistem musculoskeletal, layaknya patah tulang tertutup, terjadinya pergeseran tulang dan juga sendi, tumor tulang dan juga massa jaringan lunak.

Jadi jika seandainya sudah mulai dirasakan gejala atau gangguan pada kesehatan, sangat dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan medis, biasanya jika terkait dengan organ dalam maka pertama kali akan dijalani pemeriksaan radiologi dengan dokter spesialis radiologi ini untuk mengetahui masalah yang diderita.

 

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *