0

Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux

Linux merupakan salah satu aktivitas yang masih jarang dipakai digunakan pada PC atau komputer. Program ini tidak jauh berbeda dengan aktivitas windows ataupun aktivitas lainnya. Sama dengan windows yang terdapat seri dalam setiap programnya, Linux juga ibarat itu ada serinya tersendiri pada setiap aktivitas yang diinstallkan. Salah satu komponen yang ada pada aktivitas Linux ialah port. Port yang ada pada linux inilah yang menjalankan aktivitas dari linux. Port dalam linux tidak hanya satu saja tapi banyak ada lebih dari tiga port yang sanggup dibuka pada linux.
Sama halnya dengan aktivitas windows, pada Linux juga sering terjadi troble atau problem pada port. Sering kali linux yang terprogram dengan setting default tidak sanggup membuka beberapa port. Salah satu problem yang sering muncul ialah hanya port 22 saja yang sanggup dibuka pada linux. Padahal semua service sudah di start. Secara default bekerjsama firewall iptables pada linux menyimpan konfigurasi file dalam /etc/sysconfig/iptables. Untuk membuka port pada linux hanya perlu mengedit file/etc/sysconfig/iptables serta menambahkan “rules” sesuai dengan port yang akan dibuka. Cara yang akan disajikan ini ialah cara membuka port 80, 110, dan 143 dan berlaku untuk beberapa versi linux yaitu:

1. Red Hat Enterprise Linux 3/4/5 dan versi keatas.
2. Red Hat Linux versi lama.
3. CentOS 4 keatas, dan
4. Fedora Linux

Berikut akan disajikan cara membuka port linux 80, 110, dan juga 143, pada linux:

1. Cara membuka port 80
Untuk membuka port 80 bukalah file /etc/sysconfig/iptables, cara membuka file ini ialah dengan mengetikkan vi /etc/sysconfig/iptables lalu tambahkan hukum pada iptables berupa -A RH-Firewall-1-INPUT -m state –state NEW -m tcp -p tcp –dport 80 -j ACCEPT. Setelah hal ini dilakukan, Anda harus menyimpan dan menutup iptables lalu lakukan restart pada iptables. Cara merestart iptables ini ialah /etc/init.d/iptables restart.

2. Cara membuka port 110
Untuk membuka port 110 Anda hanya perlu menambahkan rule atau hukum pada iptables yaitu dengan cara yang sama untuk membuka port 80 tapi hanya saja perintah rule atau hukum embel-embel yang dipakai berbeda. Aturan embel-embel untuk membuka port 110 ialah -A RH-Firewall-1-INPUT -m state –state NEW -m tcp -p tcp –dport 110 -j ACCEPT. Setelah dilakukan penambahan hukum tersebut simpan lalu tutup dan restartlah iptables.

3. Cara membuka port 143
Port 143 sanggup Anda buka dengan cara yang sama dengan cara membuka port 80 dan juga port 110. Namun, tentu saja hukum embel-embel atau rule yang dipakai berbeda dengan port 80 dan 110. Rule atau hukum embel-embel yang dipakai ialah -A RH-Firewall-1-INPUT -m state –state NEW -m tcp -p tcp –dport 143 -j ACCEPT. Kemudian lakukan penyimpanan dan restart iptable.

Setelah dilakukan perintah ibarat di atas iptable service juga harus direstart caranya yaitu dengan mengetikkan perintah service iptables restart, dan pastikan port sudah terbuka lalu jalankan perintah netstat -tulpn | less. Pastikan iptables sudah mengizinkan koneksi untuk port 80, 110 dan 143 dengan cara mengetikkan iptables -L -n. Untuk melihat iptables manual sanggup memakai cara ketikkan man iptables.

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *